RSS

Lapan Lakukan Uji Terbang Belasan Roket Produksinya

09 Nov

19/06/07

news_722

Garut (ANTARA News) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Selasa siang melakukan uji terbang sejumlah roket yang dibuatnya sendiri untuk keperluan ilmiah dan militer.

Belasan roket diluncurkan satu per satu dalam uji terbang itu di Fasilitas Uji Terbang Roket Lapan di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, mulai pukul 13.10 WIB.

Roket pertama yang diluncurkan dari “launching pad” Lapan itu adalah tipe RX-150 yang begitu diaktivasi meledak dengan suara memekakkan telinga sebelum melesat ke langit, disusul roket-roket berikutnya.

SEbanyak 14 roket yang diluncurkan itu terdiri atas roket tipe RX-250 satu unit, RX150 tiga unit, tipe RX100 tiga unit, RX-70 tiga unit dan RX-70 FFAR empat unit.

Dari roket-roket tersebut, tipe RX-70 FFAR dirancang untuk keperluan militer, sedangkan yang lainnya untuk keperluan uji ilmiah.

Roket-roket tersebut dilengkapi data transmisi muatan, yakni sistem navigasi dan indera dinamik.

Pada kesempatan itu pula akan diluncurkan roket tipe Dextrose (Rodex/RDX) lima unit yang merupakan roket eksperimen berbahan bakar gula yang memiliki daya jangkau 1,5 km yang didisain sebagai bahan pembelajaran bagi siswa sekolah.

Kepala Lapan Dr Adi Sadewo Salatun sebelumnya mengatakan, sampai saat ini Lapan telah mampu mengembangkan sendiri roket-roket balistik dan roket kendali dengan diameter 70mm, 80mm, 100mm, 150mm dan 250mm. Penguasaan teknologi bidang peroketan merupakan salah satu program utama Lapan.

Roket-roket itu diharapkan dapat diaplikasikan bagi kepentingan ilmiah (sipil) seperti untuk penginderaan jarak jauh, penelitian atmosfer, pemantauan cuaca, peluncuran satelit dan lain-lain.

Roket, menurut Deputi bidang Teknologi Dirgantara Soewarto Hardienata, bisa digunakan untuk tujuan sipil maupun pertahanan.

Tetapi yang perlu digarisbawahi dalam pengujian kali ini, untuk pertama kalinya Lapan meluncurkan roket dengan menggunakan bahan bakar buatan sendiri, Ammonium Perchlorate (AP).

“Kalau teknologi roket sudah kita kuasai, yang jadi masalah selama ini bahan bakar roket diproteksi oleh luar negeri sehingga sulit mendapatkannya. Ke depan kita bisa lebih mandiri,” katanya.

Sumber : Antara

Foto : technologyindonesia

 
Leave a comment

Posted by on November 9, 2008 in Lapan

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: