RSS

Lapan Luncurkan Roket RX-320

09 Nov

21/05/08

Roket Rx-320 LAPAN

Jakarta (ANTARA News) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berhasil meluncurkan roket RX-320 pada Senin (19/5) pukul 06.15 WIB dari Pameungpeuk, Jawa Barat.

Siaran pers LAPAN yang ditandatangani Kabag Humas Elly Kuntjahyowati di Jakarta, Rabu, menyebutkan, roket dengan stabilisasi spin 2 rps seberat 0,5 ton tersebut membawa muatan untuk uji rekayasa dalam mendiagnosa perilaku aerodinamika, olah gerak, trayektori dan kondisi lingkungan.

“Semua data selama penerbangan dapat diterima dengan baik oleh stasiun bumi, khususnya data telemetri, tracking and command (TT&C) di Pameungpeuk,” katanya.

RX-320, urainya, memiliki daya 52 ton-detik yang merupakan tingkat akhir Roket Pengorbit Satelit (RPS) dan mulai dikerjakan LAPAN tahun ini.

Sedangkan uji rekayasa muatan saat uji terbang Rabu pagi merupakan pengembangan tahap pertama untuk membangun satelit nano yang rencananya akan menjadi muatan RPS pertama Indonesia, tambahnya.

Untuk mengantisipasi operasi pengorbitan, Lapan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Deplu, KLH, dan Depkominfo dalam menyiapkan aspek legal terkait hukum keantariksaan nasional maupun internasional seperti “space act”, “liability convention” dan Amdal.

Lapan juga bekerjasama dengan TUBerlin dan telah berhasil membuat satelit pengamatan bumi Lapan-TUBSat yang telah lebih dari setahun beroperasi dengan baik.

Program satelit berikutnya, ujarnya, difokuskan pada satelit ekuatorial yang memiliki waktu lewat di atas wilayah Indonesia lebih banyak yaitu tiga jam pada siang hari dengan tiga stasiun bumi.

“Ini lebih baik jika dibandingkan dengan Lapan-TUBSat yang berorbit polar (kutub) yang hanya memiliki waktu lewat satu jam saja,” katanya.

Sumber : Antara

Foto : technologyindonesia

 
2 Comments

Posted by on November 9, 2008 in Lapan

 

Tags: ,

2 responses to “Lapan Luncurkan Roket RX-320

  1. okokkoko

    January 2, 2010 at 9:29 pm

    h dan v tidak dket

    mv^ = mgh
    v^ = gh

    m1’v1’/m2’v2′ = m1v1/m2v2

    m = v1/v2

    m^ = gh/v2^

    bkan 2Ek naik dan trn, 1 Ek
    v2 = bm
    m = stlt
    m1′ = 1
    v1′ = v2′

    ttp

    m1’= (m+1) gy strptl = bbn (1)

     
  2. okokkoko

    January 2, 2010 at 9:31 pm

    E = Fs
    s = meter

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: