RSS

GMF Penuhi Target

12 Dec

GMF

Pusat perawatan pesawat GMF (Garuda Maintenance Facility) tahun ini dipastikan mampu memenuhi target keuntungan bersih yang dipatok pada angka 56 miliar rupiah. “Bahkan sebenarnya keuntungan kami lebih tinggi sekitar 10 persen dari target,” demikian ujar Richard Budihadianto, President & CEO GMF kepada Tim Peliput Angkasa di sela-sela diskusi “ Peran Masyarakat dalam Investigasi Kecelakaan Pesawat Udara” yang digelar KNKT kemarin (9/12) di Jakarta.

Selain merupakan berkah dari perubahan nilai dolar terhadap rupiah, keberhasilan tadi juga tak lepas dari jurus jitu yang diterapkan. Saat ini GMF lebih fokus untuk mengerjakan perawatan airframe ketimbang mesin pesawat. Pasalnya untuk mengerjakan perawatan satu mesin setara dengan merampungkan dua setengah pekerjaan perawatan airframe. Itu bila dilihat dari segi lama pengerjaan. Belum lagi jika dilihat dari jumlah pekerja yang dilibatkan dimana untuk pengerjaan airframe lebih bersifat padat karya yang notabene memberi peluang kerja lebih banyak. “Tapi kemampuan merawat mesin pesawat tetap kami pertahankan, bahkan juga ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun lama pengerjaan”, tambah Richard.

Perubahan nilai dolar bisa jadi merupakan celah yang bakal digarap secara serius oleh GMF dengan menarik para kostumer asing. Sebagai gambaran saat ini GMF telah meneken kontrak selama tiga tahun untuk merawat seluruh armada pesawat Southern, sebuah perusahaan kargo nomor lima terbesar di dunia. “Saat ini sudah enam pesawat dirampungkan, sementara satu 747 seri 200 sedang dalam taraf pengerjaan,” cerita Richard. Masih menurut orang nomor satu GMF itu, di masa mendatang GMF juga bermaksud menggandeng kelompok Air France-KLM untuk merawat armadanya di sini. “Kami sanggup bersaing dengan pusat perawatan lain di kawasan Asia Tenggara dan Cina,” kata Richard sembari memberi isyarat kalau untuk tahun 2009 GMF diberi target keuntungan jauh lebih tinggi hingga mencapai angka 90 miliar rupiah. (Dody Aviantara/Gatot Rahardjo/D.N. Yusuf)

Sumber: Angkasa

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 12, 2008 in News

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: