RSS

Angkasa Award 2008: Garuda, Airline of the Year

19 Dec


Garuda Indonesia berhasil menggondol trofi Airline Of The Year tahun 2008. Keunggulan Garuda terletak pada bidang On Time Performance (OTP), Service dan menjadi Airline Favorit penumpang. Penghargaan sebagai Airline Of The Year tersebut diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Regulasi dan Keselamatan, Zulkarnain Oeyoeb mewakili Menteri Perhubungan kepada pilot senior Garuda, Captain Manotar Napitupulu. Demikian rangkuman dari hasil Angkasa Award 2008 yang diselenggarakan hari ini (17/12) di Ballroom Gedung Gramedia, Jl. Panjang no. 8A Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Angkasa Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Majalah Angkasa. Penghargaan ini akan diberikan tiap tahun kepada airline nasional yang memenangkannya. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang pertama. Ada tujuh kategori plus satu kategori terbaik (Airline Of The Year) yang diperebutkan pada tahun ini. Ketujuh kategori tersebut adalah The Best Logo, The Best Website, The Best Fare (Harga tiket), The Best Stewardess (Pramugari/a), The Best Service, The Best On Time Performance dan The Most Favourite Airline. Di atas ketujuh kategori tersebut, ada kategori Airline Of The Year yang didasarkan jumlah pengirim terbanyak dari semua kategori.

Mekanisme yang dipakai melalui pengiriman SMS dan berdasarkan pilihan tim Redaksi Majalah Angkasa. Pada tahun ini, pengirim SMS mencapai 10.783 dari seluruh pelosok tanah air. Satu nama pengirim SMS dinilai satu SMS.
Menurut Editor in Chief Angkasa, Adrianus Darmawan, penghargaan ini dimaksudkan untuk memacu pelayanan maskapai nasional terhadap para pengguna jasa transportasi udara. “Di tahun depan, sistim yang dipakai akan dipadukan antara pilihan penumpang dan pilihan editor,” ujarnya.

Sementara itu Manotar Napitupulu mengharapkan adanya penghargaan ini bisa memacu dunia penerbangan nasional menjadi lebih baik.

Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air yang mendapat penghargaan “best website” menyatakan,” Ini tantangan bagi kami untuk kedepannya bisa menjadi lebih baik”. Sedangkan Trisia Megawati, Head Corporation Mandala yang meakili perusahaannya menyatakan bahwa penghargaan yang diterima adalah berkat kerja sama semua karyawan Mandala dan penumpang.

Setelah penyerahan penghargaan, diadakan dialog nasional dengan tema Membedah KM 25 Th 2008: “Mencari Format Pelayanan Terbaik Maskapai Terhadap Pengguna Jasa Transportasi Udara”. Sebagai pembicara adalah Kasubdit Angkutan Udara Luar Negeri Lilien Ambarwiyati yang mewakili Dirjen Perhubungan Udara, Ketua YLKI Husna Zahir, Direktur Umum Lion Air Edward Sirait dan Head Communication Mandala Airlines Trisia Megawati dengan moderator Ruth Hana Simatupang dari Sriwijaya Airlines.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Majalah Angkasa dengan Harian Kompas, Tribun Jabar, Tribun Timur, Otomotion 97,5 FM dan Sriwijaya Airlines. (gatot r/foto: Sute)

Pemenang Angkasa Award 2008:

The Best Logo : Mandala Airlines
The Best Website : Lion Air
The Best Fare : Indonesia Air Asia
The Best Stewardess : Mandala Airlines
The Best Service : Garuda Indonesia
The Best OTP : Garuda Indonesia
The Most Favourite Airline : Garuda Indonesia
Airline Of The Year : Garuda Indonesia

Sumber: Angkasa

 
Leave a comment

Posted by on December 19, 2008 in News, Penerbangan

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: