RSS

KRI Berbahan Aluminium, Kapal Perang Pertama Asli Buatan Indonesia

19 Dec

KRI Krait-827
BATAM – Diam-diam, TNI-AL sedang membuat kapal perang (KRI) berbahan dasar aluminium. Hasilnya ditampilkan di Tanjung Guncang, Batam, kemarin.

KRI made in Indonesia itu bukan hanya rancangan anak bangsa, namun seratus persen pekerjaannya ditangani putra-putri Indonesia yang tinggal di Batam, Kepulauan Riau. ”Ini kapal perang (KRI) pertama di Indonesia berbahan baku aluminium yang sukses dikerjakan anak bangsa,” kata Asisten Logistik (Aslog) TNI-AL Laksamana Muda Hardiwan.

Kapal perang yang dberi nama KRI Krait-827 itu merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI-AL -lewat Fasharkan (fasilitas pemeliharaan dan perbaikan) Mentigi- dan PT Batam Expresindo Shipyard (BES), Tanjung Guncang. Pengerjaan dilakukan selama 14 bulan sejak Juni 2007.

PT BES maupun TNI-AL mengaku cukup hati-hati dalam pembuatan kapal itu karena harus sesuai dengan standar operasional dan izin PBB. KRI tersebut bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 mil.

Kapal itu dilengkapi radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 km) dengan sistem navigasi GMDSS Area 3 (jangkauan komunikasi dan radar yang sudah cukup luas) dengan kecepatan terpasang 25 knots. KRI itu juga dilengkapi dengan senjata antiserangan udara 12,7 mitraliur dan senjata meriam haluan laras ganda (Two in Barrel) kaliber 25 mili yang dapat dioperasikan secara otomatis maupun manual.

Dalam paparannya di depan Aslog TNI-AL dan sejumlah petinggi TNI-AL di galangan kapal PT BES, pihak manajemen perusahaan tersebut mengklaim keunggulan kapal buatan anak bangsa berbahan baku aluminium itu adalah dari sisi efektivitas. ”Kapal ini lebih ringan dan lentur jika dibandingkan dengan kapal yang terbuat dari besi. Maintenance aluminium lebih murah dan tahan karat (antikorosi) dan dirancang hemat bahan bakar minyak (BBM),” kata HRD PT BES Syairudin

Sumber : Jawa Pos

 
27 Comments

Posted by on December 19, 2008 in KRI, TNI AL

 

Tags: ,

27 responses to “KRI Berbahan Aluminium, Kapal Perang Pertama Asli Buatan Indonesia

  1. ahmat rijani

    June 1, 2009 at 9:17 am

    bahan dasar alumunium apa tahan terhadap serangan?

     
  2. flanker

    June 4, 2009 at 9:54 am

    kayae aluminium yang dengan ketebalan tertentu mas
    dan dengan proses tertentu jadi lebih alot (info dr temen perkapalan ITS)
    alumunium jg pernah dipakai buat body bus
    PO Putra Remaja oleh New Armada
    lagian kalo pake alumuniun mungkin lebh tahan karat

     
  3. Yudika

    June 17, 2009 at 6:26 pm

    Cuman pertanyaannya balik lagi…
    “Kuat apa?”

    Lebih alot itu belum tentu lebih kuat lho. Emang sich, kuat tapi ringkih juga gak bagus… bisa sekali sikat, sampe kekuatan batas, langsung “amburadul” dan tenggelam.
    Kalo buat kapal sipil, justru emang jadi keunggulan. Masalahnya ini khan kapal perang. Buat keperluan “gebuk-gebukan”.

    Gimana misalnya kalo saat dipakai, dalam perang misalnya “kehajar” torpedo? atau rudal anti kapal model kayak “Harpoon”? Apa bisa bertahan, paling tidak ada gak peluang buat “melarikan diri”? Apa bahan dasar body dari alumunium kayak alloy bisa sekaligus menjadi perisai (armored shield) kapal?

     
  4. tri

    January 27, 2010 at 9:02 am

    tidak ada kapal yang dibuat kuat terhadap serangan senjata yang ada mampu menghadapi serangan dengan alat yang dipasang kalu kena ya rusak.jerman pernah buat kapal yang ditakuti sekutu ( saya lupa namanya ) setelah kena tembak barulah sekutu tahu dari apa dan bagaimana kapal itu dibuat.kapal perang mesti cepat, ringan manuver, berpelindung senjata yang baik sdh cukup mampu menghadapi kondisi ekstrem penugasan jg sdh cukup.tank T 33 rusia ditakuti jerman tapi setelah dipreteli mereka tahu kalo tank itu dibuat tidak dengna standard semestinya.bukan untuk nantinya dijadikan olok2 tp lebih kepada daya bunuh yang tinggi dan kemampuan menghindar yang hebat.hit and run ability.kalo perang bukan kuat2 peralatan tapi berapa banyak yang bisa dihancurkan

     
  5. Amin

    February 26, 2010 at 2:23 pm

    Kalo saya boleh bantu ingatan bung Yudika adalah Kapal perang jenis Battleship Otto Von Bismarck, kalau saya tidak salah apa yang anda maksudkan…itu kapal paling di takuti pihak sekutu

     
  6. jadgpanzer IV

    April 1, 2010 at 1:39 pm

    Alumunium alloy kalo dah tipe 7xxx cukup kuat. Ada dari campurannya, ada referensi yg memperlihatkan sebuah jembatan yang dibuat dari alumunium bisa dilintasi MBT (tapi saya tidak tau tipe apa). kpal patroli sepertinya mesti didesain yg murah, dan alumunium ini solusi yang cerdas. AFAIK musuhnya kan seputar penyeluundup dan perompak,yang biasanya tidak punya alutsista yg cukup bagus.

     
  7. Edi

    April 3, 2010 at 11:18 am

    ya sangat setuju :

    Aluminium sifat nya : Dex dan intelejen
    Besi Sifat ; streght dan Con

    Artinya : Untuk Menjadi Kapal TB ( Tahan Bacok/gebuk) kapal itu kurang cocok..tetapi kapal itu sangat Baik Menjadi Hitter,.. tipe Pembunuh..
    nah karena Keunggulan nya efisien maka dia Menjadi barisan kedua dalam strategi tempur…
    dimana menjaga barusan depan dari bombadir jet udara..karena daya jangkau radar 160 km.. mampu merecover udara sekitar kapal…

    selain itu dapat digunakan untuk merubah perhatian musuh karena kecepatan gerak nya.. mengelabui musuh dengan mengejar kedepan melempar Asap super tebal…(moga2 disertai alat ini..)mengirim penyelam militer tuk memasang rancau kapal ke musuh,..sehingga :

    sifat nya bukan Assulter Ship tetapi Support Miltery Ship.. bahaya sekali jika semua kapal itu berat2,.. sekali gebrak… habis lah sudah…

     
  8. eddy

    April 24, 2010 at 5:51 am

    majulah Indonesiaku, bagaimana klo bikin kapal perang seperti KRI.IRIAN, Indonesia pasti semakin disegani sama tetangga

     
  9. soekarnoismLEFT

    October 26, 2010 at 2:10 am

    PT PAL pasti bisaaaaa !!!! asal ada niat dari pemerintah dan yang pasti duit ! mulai dari sekarang kita harus BERDIKARI dalam hal alutsista …yah pelan2x dolo lah supaya kagak ketergantungan…produk buatan indonesia kagak kalah kok dengan barang import

     
  10. daniel

    November 30, 2010 at 10:52 am

    “Denger-denger kebocoran APBN sampai 20-30%” Kalau APBN sekarang 1000 triliun. Berarti yang ‘bocor’ 200-300 triliun. Apa yang gak bisa dibuat Indonesia untuk pertahanan dengan duit segitu banyak?

     
  11. oechop

    December 13, 2010 at 6:18 am

    Namanya juga baru langkah awal…….diharapkan akan menghasilkan produk-produk yang makin sempurna.

     
  12. agung bmw

    December 16, 2010 at 5:25 am

    hebat Indonesia dah bisa bikin kapal perang tinggal bertenaga nuklir saja untuk menghemat BBM dan makin ditakuti lawan dimanca negara saya bangga jadi bangsa Indonesia, coba juga dong buat pesawat tempur Supersonik or jet tempur seperti sukoy buatan rusia or senjata serbu di cangihkan lagi brafo indonesia

     
  13. SM Biro Bangunan

    February 12, 2011 at 12:12 pm

    Saya orang awam dalam hal ini, tapi ada bagusnya juga memberi kesempatan putra putri bangsa berkreasi dalam peralatan miiter supaya tidak tergantung pada negara-negara lain dan sekaligus memajukan kemampuan teknologi militernya…

     
  14. agan

    June 15, 2011 at 4:13 am

    Tpi sayang klau bangsa Indonesianya sendiri lbh cinta barang Impor Kaya Pesawat MA-60.

     
  15. doy

    June 29, 2011 at 10:03 am

    tingkat kanlah lg kapal perang kita…..
    agar kita tidak malu berdampingan dengan negara lain…..

     
  16. doy

    June 29, 2011 at 10:04 am

    tingkat kanlah lg kapal perang kita…..
    agar kita tidak malu berdampingan dengan negara lain…..
    tapi buatan kita sendiri donk…….

     
  17. Dale

    July 20, 2011 at 8:47 am

    sebentar lagi kapal induk yang kita buat.
    dan bukan induk semang yang kita gemukkan……
    ya kan…………

     
  18. Ray

    January 1, 2012 at 8:57 am

    bangga dg enginner2 kita, bs maju dlm teknologi. tp sayang…….. di coreng dg politikus busuk tukang korupsi…….

     
  19. bobo

    February 23, 2012 at 6:01 am

    ayo bapak2 insinyur yang pinter2 baik dari militer atau bukan,bikin kapal selam tempur kecil yang bisa dimuatin 1 atau 2 orang,yang kecepatannya bisa sama atau mendekati kecepatan pesawat tempur,biar sitem pertahanan kita mangkin kuat

     
  20. refendi68@yahoo.com

    March 11, 2012 at 5:35 pm

    kalau bisa ciptakan kapal yang tahan kena rudal dan tahan tembak dan tak terpantau oleh rudal lawan

     
  21. alboin

    March 18, 2012 at 4:00 pm

    apa sih yang gak diprotes dengan orang2 pintar di negeri ini ? bukannya menjadi bangga kalau putra putri indonesia bisa membuat KRI tapi malah ngenyek ! lama2 muak juga dengan orang2 yang suka protes kayak gini ? ya mbok dibantu kalau memang ada kekurangannya, bukan malah jatuhkan mental orang yang sudah lelah berpikir untuk negara dan bangsa ini ? hanya habibie saja yang meraka gak mau diprotes ? ya gimana yaaa ? untu dapat S1 s/d S3 tinggal bayar saja kok dan ga perlu kuliah 5 – 6 tahun lagi, setelah S1 ? nah setelah dapat S3 mulai ngomongnya ngaco kemana-mana ?

     
  22. bang aji banka billiton

    March 19, 2012 at 4:55 pm

    terus berkarya dan tetap cinta INDONESIA….semangadd bangsa ku..
    INDONESIA RAYA…

     
  23. Tilang Mangsa

    March 26, 2012 at 8:07 am

    Aluminium memang tahan karat dan lentur. Tapi berdasarkan pengalaman perang Malvinas (Argentina vs Inggris). Ketika kapal perang Inggris diserang rudal Argentina dan terjadi kebakaran di dalam kapal, banyak ABK yang tidak bisa menyelamatkan diri karena hangus terpanggang karena aluminium adalah bahan metal yang mudah menghantarkan panas.

     
  24. AHMAT

    July 18, 2012 at 2:16 am

    DI SINI JUGA BISA BIKIN KAPAL ALUMINUM BRAY…
    HUB SAYA AJE:
    AHMAT
    087764456104

     
  25. agung wahono

    September 3, 2012 at 1:48 am

    Habis berapa pembuatan kapal itu?

     
  26. ABD MALIK

    October 26, 2012 at 5:26 pm

    kLAU MAU bIKIN kAPAL PERANG hARUS DITENDER..BANYAK GALANGAN KAPAL YG SANGGUP BUAT KPL PERANG….RAKYAT UDAH NGGK PERCAYA..KALAH PERANG GARA2 PUNGLI

     
  27. Aziz Wong Ashter

    June 15, 2014 at 2:58 pm

    tolong sakat indonesia membuat seperti itu di biyayai
    seperti robot pemadam kebakaran, andaikan itu di biyayai terus membuat yg besar lalu di produksi masal pasti indonesia maju…..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: