RSS

KOSTRAD GELAR LATIHAN ANTITEROR

20 Dec

Sat GultorYonif 323/Raider Kostrad

Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Teror (Gultor) Batalyon Infanteri (Yonif) 323/Raider Kostrad, Kamis, menggelar latihan antiteror, termasuk pemantapan pembebasan sandera VVIP dan VIP.

Latihan digelar di Markas Komando Kostrad di Jakarta, disaksikan Panglima Divisi I/Kostrad Mayjen TNIB Hatta Syafruddin dan melibatkan sekitar 50 personel Yonif 323/Raider Kostrad dan Peleton Intai Tempur (Tontaipur) Kostrad.

Dalam latihan itu, diskenariokan bahwa teroris yang berjumlah 17 orang melakukan penyanderaan terhadap beberapa orang diplomat di Kedutaan Besar “X”, sebagai jaminan kepada Pemerintah RI untuk memberikan uang tebusan miliaran rupiah, untuk mereka melakukan aksi teror serta peledakan bom di beberapa tempat di Indonesia.

Pemerintah RI berupaya untuk melakukan negosiasi dengan para teroris, namun ketua kelompok teroris menolak bahkan mereka membunuh salah satu sandera dan melemparkan sandera keluar gedung kedubes “X”.

Sementara itu, seluruh tim satuan Gultor Yonif 323/13/1 Kostrad telah menempati posisi sesuai instruksi koordinasi pada perintah operasi Komandan Satgas Gultor.

Karena proses negosiasi gagal, maka pemerintah RI menyatakan serangan terhadap para teroris dan menekankan agar seluruh sandera dapat dibebaskan seluruhnya.

Setelah mendapat perintah, Dan Satgas Gultor memberi komando kepada jajarannya untuk bergerak dan membebaskan sandera diawali dengan tembakan dari penembak jitu untuk melumpuhkan pos pengintai musuh yang berada di atas gedung Kedubes “X”.

Dan pada waktu bersamaan, dengan gerakan cepat Satuan Gultor Yonif 323/Raider bergerak masuk ke Kedubes “X” untuk melakukan penyerangan terhadap kelompok teroris dan pembebasan sandera di bawah kendali Dan Satgas Gultor.

Dalam waktu 45 menit, Tim Gultor Yonif 323/Raider berhasil melumpuhkan kelompok teroris yang menguasai gedung Kedubes “X” serta membebaskan sandera dan langsung dilakukan evakuasi para sandera untuk kemudian diserahkan kepada pemerintah RI.

Panglima Divisi I/Kostrad Mayjen TNI Hatta mengatakan, latihan tersebut merupakan bentuk nyata antisipasi terhadap ancaman teror yang akan tetap ada.

Sumber : Dephan

Raider latihan anti teror

 
Leave a comment

Posted by on December 20, 2008 in Pasukan Khusus

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: