RSS

Telat Lebih dari Dua Jam Dapat Dana Cash

20 Dec


Para pengguna jasa angkutan udara nasional tampaknya bakal terus dimanjakan dari hari ke hari, baik itu oleh pemerintah maupun para operator penerbangan. Taruhlah contoh pemerintah yang terus-menerus mengawasi pelaksanaan peraturan KM No. 25 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara di lapangan. Sementara para maskapai penerbangan sendiri juga tak pernah bosan merilis beragam fasilitas yang pada dasarnya memang berujung untuk meraup keuntungan lebih.

Nah salah satu tawaran pihak operator penerbangan yang tergolong baru datang dari Mandala. Dengan menggandeng perusahaan asuransi CIU (Citra International Underwriters), maskapai ini resmi meluncurkan produk berlabel Mandala plusGUARD hari ini.

Lantas sekarang apa keuntungan yang bisa diraih oleh para calon penumpang? Cukup dengan mengeluarkan dana tambahan polis asuransi sebesar 20 ribu rupiah untuk sekali jalan atau 35 ribu bagi tiket pulang-pergi maka calon penumpang mendapat hak sejumlah fasilitas tambahan. Sebut saja mulai dari kompensasi saat terjadi keterlambatan penerbangan sampai dengan kerusakan dan kehilangan bagasi.

Untuk yang disebutkan pertama berlaku bila keterlambatan di atas dua jam dengan nominal untuk dua jam pertama adalah 200 ribu rupiah. Hebatnya hal ini berlaku berdasarkan kelipatan dengan nilai pertanggungan maksimal empat juta rupiah serta tanpa mengorbankan peraturan KM 25. “Penumpang Mandala pemegang polis Mandala plusGUARD tetap mendapat fasilitas yang diatur dalam KM 25 disamping kompensasi dari pihak asuransi,” ujar Warwick Brady, CEO Mandala dalam acara peluncuran Mandala plusGUARD.

Dari sini bisa disimpulkan kalau para pemegang polis tetap mendapatkan kompensasi walaupun keterlambatan disebabkan oleh faktor-faktor non teknis macam bencana alam atau penutupan bandara karena sebab-sebab tertentu. Sementara untuk non pemegang polis hanya bisa menerima kompensasi sesuai peraturan KM 25 yang notabene cuma diberikan manakala keterlambatan disebabkan oleh faktor teknis penerbangan.

Agar fasilitas ini berjalan secara transparan, maka fasilitas Mandala plusGUARD diberlakukan sebagai pilihan saat pembelian tiket dilakukan. Ini artinya penumpang tetap diberi keleluasaan untuk menerima atau menolak. Sementara kompensasi dalam bentuk dana cash ini bisa dicairkan dalam tempo paling lambat tujuh hari setelah waktu kejadian.

Sebagai tambahan info fasilitas sejenis pernah pula diterapkan oleh maskapai penerbangan Indonesia AirAsia beberapa waktu yang lalu.

Sumber: Angkasa

 
Leave a comment

Posted by on December 20, 2008 in News, Penerbangan

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: