RSS

Sukses Diuji Statik RX-420 -Langkah Penting dalam Pengembangan Roket Pengorbit Satelit (RPS-420)

02 Jan


Selasa, (23/12), Lapan menutup tahun 2008 dengan berhasil melakukan uji statik RX-420 di Tarogong, Jawa Barat. Uji statik disaksikan antara lain oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Dr. Koesmayanto Kadiman, Kepala Lapan, Dr. Adi Sadewo Salatun, M. Sc., Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, Dr. Ing. Soewarto Hardhienata, dan Dirjen Ranahan Dephan, Marsda TNI Eris Herryanto, MA.

“Pegujian RX-420 ini terkait dengan program Roket Pengorbit Satelit (RPS) yang diharapkan terbang pada tahun 2014,” ujar Dr. Ing. Soewarto Hardhienata, dalam sambutannya. RPS terdiri dari empat tingkat, yaitu tiga tingkat RX-420 dan satu tingkat RX-320. RX-420, nantinya merupakan pendorong RPS yang sedang dikembangkan.

Sebelum dilakukan uji statik, terlebih dahulu dilakukan pemaparan hasil kerja tim quality control . Hasilnya, roket yang panjangnya mencapai 6 m ini, dalam keadaan baik dan layak untuk diuji statik. Lilis Maryani, chief engineer RX-420 mengatakan, “kita memprediksi roket ini akan mencapai jangkauan 80-110 km.” Lilis menambahkan, roket dengan berat total 1100 kg ini, diperkirakan mampu membawa potential payload seberat 50-100 kg.

Dari hasil uji statik, diketahui bahwa waktu pembakaran roket ini mencapai 12,29 detik, dengan daya dorong rata-rata 9,6 ton. Dilihat dari performanya, menurut Lilis, RX-420 ini, kinerjanya lebih baik dari Roket Kappa 8 yang diluncurkan tahun 1960-an.

Saat ini Lapan telah berhasil mengembangkan beberapa roket, yaitu RX-70, RX-100, RX-150, dan RX-250. Tahun 2008, Lapan sukses melakukan uji ststik dan uji terbang RX-320, yang merupakan roket tingkat akhir bagi RPS. RX-320 yang diluncurkan Juli lalu, memiliki jangkauan 42 km. Selain itu, Lapan juga mengembangkan roket kendali. Sehari sebelumnya, Lapan berhasil melakukan uji terbang roket kendali tersebut di Pameungpeuk, Jawa Barat. Roket tersebut didesain untuk dapat dikendalikan sehingga mencapai target yang diinginkan.

Setelah keberhasilan uji statik, Menristek berharap agar tahun depan roket ini dapat diuji terbang. “Kami punya target RX-420 terbang pada tahun 2009. Uji statik ini adalah awal dari sequence RX-420 terbang. Kalau hari ini kita hanya menguji propulsinya saja, kita merencanakan tahun 2009, RX-420 mengangkasa,” kata Menristek.

Sumber: LAPAN

 
Leave a comment

Posted by on January 2, 2009 in Lapan

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: