RSS

Sukhoi Pengamanan Wilayah Barat Indonesia

07 Jan

su-30 tni au

Medan (ANTARA News) – Komando Operasi Angkatan Udara I menyatakan pesawat tempur Shukoi yang ditempatkan di Skadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar siap membantu pengamanan wilayah udara Indonesia dibagian barat jika
dibutuhkan.

“Walau ‘home base’ Sukhoi di Lanud Hasanuddin, tetapi kalau diperlukan bisa kemari (wilayah Indonesia barat, red),” ujar Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoops AU I), Marsekal Muda TNI Imam Sufaat, di Medan, Selasa.

Usai menjadi inspektur upacara dalam Sertijab Danlanud Medan dari Kolonel Pnb A Dwi Putranto kepada Kolonel Pnb HM Tata Endrataka, dia mengatakan, kondisi itu memungkinkan dilakukan karena pesawat jet buatan Rusia itu memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Pesawat tempur yang saat ini masih dalam ujicoba itu hanya membutuhkan waktu satu atau dua jam untuk terbang dari Makassar ke wilayah bagian paling barat Indonesia seperti Sumut dan Aceh.

Meski demikian, menurut dia, dewasa ini kondisi keamanan laut dan udara di wilayah koops AU I masih aman dan hanya ditemukan pelanggaran-pelanggaran batas wilayah terutama di perairan laut Selat Malaka.

Evaluasi keamanan tahun 2008 juga menunjukan pihaknya hanya menemukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) yang masih mendominasi, sedangkan pembajakan di laut sudah turun drastis.

Sedangkan pengamanan empat pulau terluar di wilayah koops AU I dari 12 pulau terluar di tanah air yang terus dijaga karena kemungkinan rawan konflik dan digunakan oleh kegiatan yang ilegal masih dalam kondisi yang aman.

“Untuk pulau terluar sejauh ini masih aman dan terus dijaga oleh anggota TNI dan kita juga melakukan operasi yang bersifat rutin dan ada yang tidak rutin,” tegasnya.(*)

Sumber: Antara

 
1 Comment

Posted by on January 7, 2009 in TNI AU

 

Tags: ,

One response to “Sukhoi Pengamanan Wilayah Barat Indonesia

  1. edi

    October 4, 2013 at 6:43 am

    Indonesdia butuh 100. pesawat buatan Rusia lagi……..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: