RSS

We need new submarines!!!!

10 Jan

kilo class
Fiuh…. susah amat siy buat punya kapal selam baru, padahal dari skema KE dengan Rusia, TNI AL bisa mendapatkan minimal satu kapal selam jenis Kilo Class.  Lha kok jadi biaya pembangunan sarananya yg jadi masalah, dephan niat ga sih beli kapal selam? Yang gw ga abis pikir, kenapa anggaran dephan setelah dikurangin untuk gaji dll, dibagi ke tiga angkatan untuk melakukan pembelian senjata, kan dananya jadi kecil banget. Mending tiap tahun anggaran untuk melakukan pembelian senjata dijadikan satu, sehingga dananya akan terkumpul lebih besar, sehingga mampu memodernisasni persenjataan TNI lebih cepat. Dan pembelian senjata digilir tiap tahun untuk tiap-tiap angkatan, misal tahun ini semua anggaran pembelian senjata dibelikan untuk membeli senjata untuk TNI AD, tahun berikutnya untuk TNI AL, abis itu untuk TNI AU nah abis itu diputer terus.

Balik lagi ke masalah kapal selam, mungkin banyak orang bertanya kenapa TNI AL sangat ingin memiliki kapal selam jenis Kilo dari Rusia dengan harga yang sangat mahal, kenapa yang tidak murah saja. Ingat ketika kita membeli suatu produk, beda harga tentu beda teknologi yang diusungnya. Jelas teknologi Kilo sangat lebih baik dibanding kapal selam u-209 yang kita miliki saat ini. Selain itu pembelian kapal selam atau yang sudah dimiliki oleh negara-negara di kawasan, seperti SSK Collins Class (Type 471) milik Australia, Scorpene Class milik Malaysia dan Vastergotland yang akan memperkuat AL Singapura dalam waktu dekat. Bukan untuk gengsi-gengsian saat kita akan membeli kapal selam, tapi kapal selam yang kita miliki juga harus sebanding dengan yang “tetangga” kita miliki seperti yang pernah dikatakan oleh KSAL kita.

Banyak orang bertanya kenapa tidak PT PAL tidak diberi order untuk membuat kapal selam? Ingat membuat kapal selam dan kapal permukaan adalah dua hal yang berbeda, bukan mengecilkan kemampuan PT PAL tetapi dibutuhkan dana riset yang tidak sedikit untuk membuatnya. Alhasil saat membeli kapal selam dari negara lain hendaknya ada transfer of technology seperti yang dilakukan oleh Korsel, sehingga mereka saat ini mereka mampu membuat kapal selam sendiri. Tetapi tentu tidak ada produsen senjata yang mau melakukan itu jika pembeliannya hanya sedikit, ingat India dan China diberikan lisensi membuat pesawat sukhoi karena awalnya mereka membeli pesawat Sukhoi puluhan unit.

Terakhir saya hanya bisa berharap dalam waktu dekat kita memiliki kapal selam entah Kilo atau U-212 , jangan jenis u-209 lagi masa 20 tahun lebih jenis kapal selam yang dibeli tetap sama. Yang penting modernisasi di TNI AL harus terus berlangsung. Ingat luas lautan kita lebih besar dari luas daratan kita.

Tambahan, pada tahun 60’an kita punya 12 kapal selam Whiskey class, 48 tahun kemudian (saat ini) kita cuma punya 2 buah… menyedihkan

hiu-kencana

 
13 Comments

Posted by on January 10, 2009 in Catatan Pribadi, Kapal selam, TNI AL

 

Tags: ,

13 responses to “We need new submarines!!!!

  1. monyet gila

    April 5, 2009 at 1:00 pm

    gpp mas yg penting TNI-AU nambah trus pesawatnya hehe

     
  2. Thompson2009

    May 27, 2009 at 8:49 pm

    Kliatannya mo nambah whiskey lagi,……sekalian ma Skval (dibaca : Squall) alias torpedo yang bisa lari 400km/jam.hehehehehe tapi kapan ????

     
  3. Thompson2009

    May 27, 2009 at 9:07 pm

     
  4. adiewicaksono

    June 14, 2009 at 5:08 am

    amieeeeen………..

     
  5. Yuda

    February 9, 2010 at 1:39 pm

    Beli Kilo class, apa mo beli U-Boat? Indo butuh KS Nuklir kayaknya dh….,ya..mudah2an bisa beli model Delta / paling kecil Kilo deh…?

    biar Amerika,Australia,Malingasia tu…,pada ngompol..,

    eits…,jangal lupa mode Siluman’nya….

     
  6. yani rumimpunu

    September 16, 2010 at 11:08 am

    dana pertahanan dibagi 5 bukan 3, Dephan, Mabes TNI dan 3 Angkatan…jadi wajar menjadi sangat kecil, bahkan kecil banget….

     
  7. saiful bahri

    September 18, 2010 at 11:02 am

    kita negara besar dan sangat perlu kekuatan yg mumpuni . kita harus memeiliki kapal selam yg lbh canggih dari yang ada di kawasan ini, Ayo maju kembalikan MACAN ASIA itu kembali..

     
  8. markus

    September 22, 2010 at 2:52 pm

    saya pikir lebih baik TNI AL beli type 214 jerman coz kapal selam jerman terbuat dr baja non magnetik jd susah dideteksi radar lawan!

     
  9. tommy

    November 9, 2010 at 3:34 am

    Gemes…gemes…..,kalau kita jadi macan asia tentunya kita bisa tinggal terkam siapa saja yang injak ekor kita…,beli klass kilo juga ndak papa,dulu waktu baru wacana saja pengamat militer australia saja sudah geger,habis itu kita bikin sendiri kapal selam yang kecil dalam jumlah banyak,sedikit personel,minim bisa bawa 2 rudal SLBM,ditanggung negara lain yang pingin macam-macam pikir-pikir……

     
  10. roi

    November 12, 2010 at 3:43 am

    tanggung….beli kelas Typhoon / akulla barang 16 biji.
    3 di pekanbaru
    3 di jakarta
    3 di nunukan
    3 di makasar
    3 di biak
    1 di bongkar untuk di contek gimana cara buatnya

     
  11. ting-tong

    December 9, 2010 at 1:59 pm

    beli kelas alpha ja…….
    scorphene nda usah di torpedo, diajak balapan ja, biar keki…….
    mak nyusssssss!!!!!!!

     
  12. soekarnoismLEFT

    December 10, 2010 at 3:29 am

    update news : presiden kroya udah ngasih bocoran, kita akan beli 2 unit CHANGBOGO class subs…WITH ToT mmm..slentingan berita untuk kandidat KS adalah : AMUR class,improved KILO class with VLS,scorpene 😦
    dan hdw u-214…trus pengadaannya sampai 6 unit ! berarti plus 2 KS u-209 yang sudah ada maka armada hiu kencana bakalan punya 8 unit !!! too good tobe true nih…

     
  13. bambang

    August 12, 2013 at 7:21 am

    sabar dikit uas.ngnya lagi dikumpul dulu bos

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: