RSS

Pemerintah Sepakat Penyerapan Sisa Anggaran Pertahanan Dipercepat

17 Feb

Panser PT Pindad

Pemerintah sepakat untuk mempercepat penyerapan sisa anggaran pertahanan dari Kredit Ekspor (KE) 2004-2009 yang mencapai 1,2 miliar dolar AS. “Percepatan itu, disesuaikan atau telah mempertimbangkan proses yang terjadi di masing-masing departemen atau lembaga terkait seperti Departemen Pertahanan (Dephan), Departemen Keuangan (Depkeu) dan Bappenas,” kata Menhan Juwono Sudarsono, di Jakarta, Selasa(17/2).

Kesepakatan untuk mempercepat penyerapan sisa anggaran pertahanan (KE) 2004-2009 pada Tahun Anggaran (TA) 2009 tersebut, dibuat pada rapat koordinasi Dephan, Depkeu, Bappenas, Senin (16/2) malam yang dihadiri pula Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan ketiga kepala staf angkatan.

Juwono mengatakan, percepatan penyerapan anggaran itu antara lain akan digunakan untuk pengadaan panser 40 TNI Angkatan Darat, senjata dan peluru kendali pesawat tempur TNI Angkatan Udara dan kapal patroli kawal rudal TNI Angkatan Laut.

Pada TA 2009 , Dephan mengajukan anggaran sekitar Rp127 triliun tetapi hanya diberikan Rp35,03 triliun atau turun sekitar Rp1,36 triliun dibanding TA 2008 yang mencapai Rp36,32 triliun. Alokasi anggaran tersebut, diberikan kepada Mabes TNI (Rp4,2 triliun), Mabes TNI Angkatan Darat (Rp17 triliun), Mabes TNI Angkatan Laut (Rp5 triliun) dan Mabes TNI Angkatan Udara (Rp3,4 triliun) dan Dephan sekitar Rp5,2 triliun. Dari jumlah anggaran sebesar Rp5,2 triliun sekitar Rp1,1 triliun adalah rupiah murni, uang muka Kredit Ekspor (KE) Rp1,2 triliun dan PHLN sekitar Rp2,8 triliun.

“Hingga semester pertama 2008, jumlah anggaran yang sudah disalurkan sekitar Rp9,3 triliun atau 56,86 persen,” ungkap Juwono. Pada kesempatan terpisah, Irjen Dephan Safzen Noerdin mengatakan, penyerapan anggaran masih bisa ditingkatkan hingga 70 persen. “Masih bisa ditingkatkan hingga 70 persen, sehingga pengadaan alat utama sistem senjata, baik yang menggunakan rupiah murni maupun Kredit Ekspor (KE) dapat direalisasikan secara cepat, tepat guna dan tepat sasaran,” katanya.

Sumber: Media Indonesia

 
Leave a comment

Posted by on February 17, 2009 in Dephan RI, TNI

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: