RSS

Tawaran Alutsista untuk Indonesia

18 Feb

Sebuah berita dari Inggris untuk pengadaan Alutsista bagi Indonesia:
The British Government’s Asia Task Force Tawarkan Alutsista ke Dephan

Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono menerima kunjungan kehormatan Co- Chairman of The British Government’s Asia Task Force, Lord Powell of Bayswater KCMG, Charles Powell, Selasa(17/2), di Kantor Dephan, Jakarta. Kunjungannya menemui Menhan Juwono kali ini adalah untuk menawarkan bantuannya dalam pengadaan Alutsista yang berasal dari Inggris Raya, selaku Co-Chairman of The British Government’s Asia Task Force yang salah satu tugasnya adalah membantu industri-industri pertahanan di Inggris Raya dalam menawarkan produk-produknya ke wilayah Asia.

Menhan Juwono menyatakan akan menjajagi penawaran tersebut mengingat kondisi keuangan negara dan wilayah regional Asia yang masih dalam masa krisis keuangan global.
Sumber: DMC

Tawaran yang nampaknya menggiurkan, karena saat ini Indonesia sedang giat-giatnya memodernisasi (walopun terasa lambat sekali prosesnya) alutsista untuk TNI, sayang dilewatkan kata beberapa orang. Tetapi bagi kami yang concern tentang TNI, tawaran itu sangat menghina sekali.. Jika anda masih ingat waktu Operasi Militer TNI di Aceh, dimana Dubes Inggris menyatakan jika bisa TNI tidak menggunakan persenjataan produk mereka seperti pesawat Hawk dalam perang tersebut.. Sebuah statement yang sangat merendahkan, padahal persenjataan tersebut kita beli dan seharusnya mereka tidak ikut campur mau kita pakai untuk apa senjata itu.

Nampaknya, semua pihak merasa khawatir ketika Indonesia mulai membeli persenjataan dari Rusia, karena itu membuat mereka tidak bisa “mengontrol” Indonesia, yang pada akhirnya ketika Indonesia “berulah” mereka tidak bisa ikut campur.. Contoh embargo terhadap indonesia, yang membuat TNI lumpuh (ingat embargo setelah insiden santa cruz), atau ketika Indonesia akan mengadakan operasi seroja, Amerika mengatakan untuk tidak menggunakan pesawat Hercules yang dengan lantang ditolak oleh L.B Moerdani.

Masih ingatkah anda ketika Indonesia akan melakukan pengadaan pesawat Sukhoi, negara-negara lain berlomba untuk menawarkan produk mereka kepada kita. Menhan US datang ke Indonesia menawarkan F-16 Blok C/D, atau salah satu anggota kerajaan Inggris yang berkunjung ke Indonesia menawarkan Helikopter Lynx. Nampaknya semua negara merasa perlu “berpartisipasi” dalam modernisasi TNI… hahaha sebuah sandiwara manis, saat Indonesia menjadi anak “baik”.. tapi lihat apa kata mereka saat TNI akan menggunakan persenjataan tersebut untuk berperang.

Betul jika kita terlalu banyak membeli Rusia, pada akhirnya membuat kita tergantung terhadap mereka, tetapi itu adalah pilihan terbaik dari yang terburuk dimana kita tergantung pada negara lain dalam hal pengadaan alutsista. Karena Rusia tidak pernah rewel tentang penggunaan alutsista yang telah mereka jual. Bahkan dalam hal lain mereka tidak mempermasalahkan ketika alutsista yang mereka jual lebih canggih daripada yang mereka pakai (pesawat sukhoi yang India miliki lebih canggih daripada yang Rusia pakai). Kunci untuk tidak tergantung pada satu dua negara dalam pengadaan alutsista adalah kita harus mandiri dalam pembuatan alutsista.

Akhir kata, saya akan bilang bahwa lupakan saja tawaran dari inggris, klo pun mereka bilang demi penyelamatan industri pertahanan dari negara mereka.. biarkan saja toh kita juga punya industri pertahanan yang harus kita selamatkan (PT PINDAD, PT PAL, PT DI). Hanya keledai yang jatuh dilubang yang sama dua kali.. Semoga para pengambil kebijakan di Dephan paham akan hal itu..

 
7 Comments

Posted by on February 18, 2009 in Catatan Pribadi, Dephan RI, TNI

 

Tags: , ,

7 responses to “Tawaran Alutsista untuk Indonesia

  1. RX420

    February 2, 2010 at 9:42 am

    “Hanya keledai yang jatuh dilubang yang sama dua kali..”… hmmm, berarti kalau bukan keledai, boleh jatuh lebih dari dua kali, gitu maksutnya?

     
  2. roi

    February 8, 2010 at 12:54 am

    sy apresiasi pada paparan di atas_hendaknya para pengambil kebijakan berhati2 hanya keledailah yg jatuh pada lubang yg sama ” indonesia negara besar tdk sepatutnya selalu tergantung dgn negara asing termasuk dlm bidang kemiliteran dsb.” kini saatnya kita bangun dan perkuat sendiri lewat karya anak bangsa>>>>supaya kita tetap merdeka…….terima kasih

     
  3. gita kamila

    February 21, 2010 at 12:13 am

    ga perlu dihiraukan tawaran dari Inggris, bahkan sekiranya mereka tawarkan Raja atau Ratu mereka sekalipun, demikian juga dengan US + anggota NATO laennya….

    lebih baik Indonesia beli dari Rusia atau China, sekaligus kerjasama dibidang pertahanan…

     
  4. Doni

    February 21, 2010 at 2:25 am

    Setelahnya saya baca tulisan diatas, jangan lah kita kita hiraukan tawaran yang membuat kita rumit, dengan iming2 apapun. Ingat pada waktu TNI akan melakukan oprasi besar TNI tidak boleh mengunakan pesawat tersebut padahal itu pesawat kita. Makanya belinya pada negara yang ngga rewel, ke Rusia, Brazil, China, senjata mereka bagus2 dan canggih.

     
  5. edo

    February 21, 2010 at 1:13 pm

    Russia adlh kawan lama Indonesia. saat konfrontasi dgn Belanda,Amerika hanya diam membisu saat indonesia ingin membeli alutsistanya. sedangkan saat Indonesia berpaling ke Russia..,Russia lalu memberikan yg trbaik alutsistanya kpda Indonesia…

    dan saya yakin dibalik G30S/PKI bukan komunis pelakunya,tetapi Amerika dan sekutunya lah pelakunya. agar Indonesia tidak menjadi sprti cina,mAKA Amerika melalui CIA. berhsil menghasut & mengadu domba PKI & Angkatan Darat.

    coba klian ingat peristiwa pembebasan irian barat saat konfrontasi dgn belanda. indonesia membeli alutsista dari Uni Soviet(Russia).dan indonesia d’brikan smua snjata yg msih baru. mulai dri pesawat tempur mig-21,pesawat pembom Tu-16,kapal perang,kapal selam kelas whisky,hingga peluru kendali yg smuanya terbaru & trcanggih d’eranya. hingga indonesia menjadi negara terkuat ke-2 stelah cina d’asia pasific.Russia tidak mempermasalahkan alutsistanya,tidak sprti Amerika dan negara barat yg sllu sibuk dgn mslah HAM. Pdhal Amerika dan sekutunya lah yg sring mlenggar HAM.

     
  6. oechop

    December 13, 2010 at 6:30 am

    Khan kalo alusista mereka kita beli sama juga mengurangi jumlah pengangguran di negara mereka jika indonesia membeli alusista dari negara rusia atau minta “resep” untuk buat sendiri.

     
  7. ismail

    April 21, 2011 at 6:25 am

    Jangan sampai membeli alutsista dari sekutu,cukup embargo amerika memberikan pelajaran bagi kita sekutu dan malingsia itu sama -sama anjing,lebih baik beli alutsista ke Rusia baca sejarah bung jgn teperosok di lubang yg sama 2 kali itu sama bodohnya dengan keledai …. jgn memilih pemimpin bermental keledai pilihlah pemimpin bermental singa……..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: