RSS

KOARMATIM MILIKI ARENA LATIHAN MENEMBAK CANGGIH VIRTUAL ARMS SOLUTION FTS D-425

28 Feb

arms-1a

Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) saat ini memiliki fasilitas baru untuk melatih prajuritnya piawai dalam menembak. Fasilitas berupa arena latihan menembak berbasis komputer ini bernama Virtual Arms Solution FTS D-425. Fasilitas baru dan canggih tersebut, Selasa (24/2) ditinjau dan diuji coba oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Lili Supramono beserta para pejabat teras Koarmatim di Komando Latihan Armada Koarmatim (Kolatarmatim), Ujung, Surabaya.

Arena Latihan Menembak Virtual Arms Solution FTS D-425 ini berada di dalam ruangan full AC berukuran 10 x 20 m2. Tiga unit LCD menyorotkan gambar sasaran tembak di screen yang mampu menampilkan berbagai objek sasaran baik diam, orang bergerak, pertempuran jarak dekat, jarak jauh maupun di atas kapal. Dengan dilengkapi 2 unit mesin khusus berikut 2 komputer yang sudah terprogram, maka petembak dapat meminta gambar sasaran tertentu kepada operator, apakah jarak dekat, jarak jauh, bergerak, statis, di atas kendaraan, di atas kapal dll. Suasana ruangan pun dapat diatur tingkat kegelapannya, apakah terang, remang-remang bahkan gelap gulita, selain itu dengan ruangan full AC akan menjadikan para petembak yang tengah melaksanakan latihan merasa nyaman.

Dalam satu sesi latihan, arena Virtual Arms Solution FTS D-425 dapat menampung 8 petembak sekaligus. Senjata yang digunakan juga senjata khusus yang telah terhubung dengan komputer. Perkenaan sasaran, nilai (skore), gerakan si petembak saat mebidikkan senjatanya ke sasaran, serta kesalahan dalam gerakan petembak dapat terbaca secara akurat di layar monitor operator maupun screen di depan petembak. Hal ini dapat mengoreksi secara baik dan akurat tingkat kesalahan seorang petembak yang akan susah diketahui apabila dilaksanakan secara manual di lapangan tembak biasa. Selain itu, berbagai posisi dan sikap petembak, baik sikap berdiri, jongkok maupun tiarap dapat dilaksankan pada arena ini.

Menurut Pangarmatim Laksda TNI Lili Supramono, fasilitas ini merupakan bantuan dari Mabes TNI. Bahkan menurutnya di Indonesia baru Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan Koarmatim yang memiliki fasilitas arena latihan menembak canggih tersebut. Karena itu Pangarmatim berterima kasih kepada Panglima TNI (Mabes TNI) atas perhatiannya kepada Koarmatim. “Kami berterima kasih atas bantuan sarana ini, dan tentunya akan kami pergunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan profesionalitas menembak prajurit Koarmatim,” katanya.

Turut hadir dan menyaksikan ujicoba sarana latihan menembak Virtual Arms Solution FTS D-425 tersebut antara lain Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Slamet Yulistiyono, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim Laksamana Pertama TNI Raja Morni Harahap, Para Asisten Pangarmatim, serta Kepala Dinas di lingkungan Koarmatim.

Sumber: Dispenarmatim

 
Leave a comment

Posted by on February 28, 2009 in TNI AL

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: