RSS

Sea Shadow

06 Mar
Sea shadow and USS Carl Vinson

Sea shadow and USS Carl Vinson

Julukan Sea Shadow sangat tepat diberikan pada kapal ini karena merupakan perpaduan antara pesawat petarung Stealth dan sebuah Batmobile sehingga kapal ini bisa muncul di mana saja dan kapan saja di laut terbuka. Bahkan, bisa menghindar dari deteksi radar walau pergerakannya lambat.

Namun, kapal yang pembuatannya memakan biaya 110 juta poundsterling itu sekarang ditakdirkan untuk dibongkar menjadi timbunan sampah kecuali ada pihak yang mau mengambilnya dari angkatan laut.

Angkatan Laut Amerika telah berusaha memberikan Sea Shadow sejak tahun 2006 setelah Pentagon tidak lagi membutuhkannya ataupun menggunakannya. Sejak tahun 2005 Sea Shadow telah dikandangkan di San Diego, California.

Kapal Sea Shadow yang paling dirahasiakan itu kini akan diberikan cuma-cuma oleh Angkatan Laut Amerika kepada pihak yang berminat. Syaratnya, pihak yang berminat harus menyetujui membuat dermaga penyelaman kering sebesar lapangan bola sebagai bagian dari paket perjanjian tersebut.

Mulai diperkenalkan kepada publik pada tahun 1993, dan telah mendapat perhatian besar ketika diluncurkan, dan semakin terkenal setelah kapal Sea Shadow ini digunakan dalam film James Bond 007 ke-18 dengan judul Tomorrow Never Dies (1997) yang dibintangi Pierce Brosnan sebagai James Bond.

Walaupun bentuk kapal ini tidak biasa, museum di Amerika telah menyatakan berminat pada kapal Stealth ini, tetapi Angkatan Laut Amerika bersikeras kapal ini dibagikan sebagai bagian dari hadiah.

Kapal ini dikenal juga sebagai kapal penambang yang besar, dibangun sebagai rumah untuk kapal Stealth dan bisa bersembunyi dari satelit mata-mata. Kapal ini pernah bertindak sebagai dermaga kering dan telah dibangun untuk mengangkat kapal selam Rusia yang tenggelam 35 tahun lalu.

Dibangun dengan panjang 164 kaki, Sea Shadow mempunyai 12 kru dan bisa berlayar hingga 28 knots. Kapal tersebut mempunyai kemiripan dengan pesawat Stealth yang dibangun tahun 1985.

Dengan lapisan khusus, sudut tajam dan rahasia lainnya pada radar dan sonar merupakan kelebihan dari kapal ini. Kapal ini tidak didesain untuk digunakan sebagai kapal perang dan merupakan kapal eksperimen yang didesain oleh Lockheed Corporation.

Mantan anggota kru, SK Gupta, kini Presiden di Lockheed Martin Space Systems, mengatakan, kapal ini pernah menjadi bagian latihan perang Angkatan Laut Amerika. “Kami beroperasi pada waktu malam tanpa ketahuan. Kami dapat menghilang dan bersembunyi di mana pun kami mau. Tidak ada seorang pun berpikir kami mampu melakukannya. Biasanya sebuah kapal sulit untuk bersembunyi,” katanya.

Ide awalnya kapal ini dibangun untuk kepentingan proyek rahasia CIA pada awal tahun 1970-an dan dirahasiakan selama setahun. Program pembuatan Sea Shadow ini merupakan kombinasi antara lembaga pertahanan, lembaga luar angkasa, dan Lockheed Martin Missiles and Space Company. Kapal ini dapat memberikan stabilitas luar biasa dalam cuaca berat sehingga sangat cocok dalam melakukan misi rahasia CIA.

Proyek CIA ini diketahui sebagai percobaan untuk mengangkat kapal selam Rusia yang tenggelam diperairan Hawaii tahun 1986. Proyek rahasia ini mengunakan 2 kapal, yaitu kapal Gossimir Explorer dan kapal HMB-1. Proyek ini berhasil mengangkat sebagian dari kapal selam Rusia yang karam. Menurut sejarah yang dirilis Angkatan Laut Amerika, pembuatan konstruksi Sea Shadow ini berlangsung di dalam tongkang, antara tahun 1983 dan 1985 di Redwood City California.

Tes dilakukan pada malam tahun 1985 dan 1986 di Kepulauan Santa Cruz di selatan California, dengan kapal tongkang yang menjaganya di bawah penutup untuk perbaikan dan penambahan selama siang hari. Tes tersebut dihentikan pada tahun 1986 dan tidak dilanjutkan sampai musim semi 1993, kapal ini diperkenalkan ke publik tahun 1993.

Sumber: Kompas

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 6, 2009 in Negara Lain

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: