RSS

A-1325 in memoriam….

20 May
hercules A-1325

hercules A-1325 (credit goes to aries_wan @ ARC)

Pertama-tama saya akan sedikit mengoreksi teman-teman di media yang menyebut A-1325 (kode A berarti Angkut, kode untuk pesawat transport di TNI AU dan 13 sebagai kode seri pesawat C-130) hanya sebagai pesawat Hercules seri C-130, karena A-1325 merupakan Hercules varian sipil yaitu C-130 tipe L-100-30 yang digunakan untuk maskapai penerbangan sipil. A-1325 sendiri merupakan pesawat yang dihibahkan oleh Merpati atau Pelita kepada TNI AU dan mulai operasional dilingkungan TNI AU sejak 1995. Perbedaan antara Hercules versi militer dan sipil bisa dilihat dengan jelas, yaitu pada Hercules varian sipil terdapat banyak kaca di badan pesawat.

Hercules tail number A-1325 TNI AU (credit goes to aries_wan @ ARC)

Hercules tail number A-1325 TNI AU (credit goes to aries_wan @ ARC)

Jika anda bertanya kepada saya mengapa saya merasa harus membuat artikel tentang Hercules A-1325 yang jatuh pagi ini.. Maka saya akan menjawab, secara pribadi pesawat ini sempat membuat harapan tumbuh di dalam hati saya.. Bahwa ditengah-tengah menuanya alutsista TNI AU dan biaya perawatan yang sangat mahal untuk alutsista yang menua, muncul ide kreatif dari anggota TNI di Komando Pemeliharaan dan Materiil (Koharmatau) TNI AU yang mencoba untuk membuat peswat ini tetap dapat terbang.

Sebagai tambahan informasi A-1325 yang merupakan Hercules varian sipil menggunakan mesin Rolls Royce 501-D22A, dimana mesin ini sendiri sudah sangat sulit dicari dipasaran dan kalaupun ada harganya sangat mahal. Sementara Hercules varian militer menggunakan mesin Allison T56-A-15 (untuk C-130 H) dan T56-A-7 (untuk C-130B) serta jumlah mesin suku cadangnya banyak terdapat di Depo Pemeliharaan (Depohar) 30, Malang.

Hal inilah yang kemudian membuat anggota TNI yang bertugas diKoharmatau pada Medio September tahun lalu, mencoba untuk memasang mesin T56-A-15 di Hercules A-1325 dan hasilnya ternyata sukses karena mesin berjalan baik dan pesawat dapat Takeoff, terbang dan landing dengan sempurna…

Kemudian bbrp waktu lalu, pesawat ini juga sempat mengalami peremajaan berupa penguatan airframe, sehingga terus terang  jatuhnya A-1325 cukup membuat saya kaget..

Saya sangat berharap anggota TNI yang bertugas diKoharmatau tidak kehilangan kreatifitas untuk dapat membuat pesawat-pesawat TNI yang lain dapat tetap terbang dikarenakan jatuhnya A-1325..

Dan semoga harapan saya untuk dapat melihat TNI khususnya TNI AU mempunyai armada yang disegani dikawasan dapat menjadi kenyataan. Atau saya yang hidup dijaman yang salah karena Commander in chief kita saat ini lebih memilih Indonesia memiliki kekuatan Soft power dibanding Hard Power??

Terakhir saya akan menampilkan foto-foto pengabdian terakhir A-1325 saat mengirim bantuan untuk gempa manokwari.. Credit goes to aries_wan@ ARC

Hercules A-1325 TNI AU

Hercules A-1325 TNI AU

Hercules A-1325 TNI AU

Hercules A-1325 TNI AU

 
Leave a comment

Posted by on May 20, 2009 in Catatan Pribadi, TNI AU

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: