RSS

Pesawat Tempur Asing Beroperasi di Selatan Pulau Rote

20 May

F-5 TNI AU

Radar TNI Angkatan Udara (AU) di Kupang, NTT, mendeteksi sejumlah pesawat tempur asing terbang di bagian selatan Pulau Rote. Namun, ketika didekati oleh pesawat tempur TNI AU, pesawat tersebut menghilang.

Komandan Pangkalan Udara El Tari Kupang Letnan Kolonel Pnb Joko Sugeng Srianto mengatakan itu kepada Media Indonesia di Kupang, Senin (18/5).

“Memang mereka (pesawat asing) itu terbang di luar wilayah udara RI, tetapi pesawat TNI sedang dalam misi pengamanan udara sehingga mendekat untuk diidentifikasi secara visual,” katanya.

Pesawat asing itu terdeteksi sejak Senin (11/5) pekan lalu dan telah dilaporkan ke pimpinan TNI. Menurutnya, empat pesawat Tiger F5 TNI AU kemudian terbang menyusuri perbatasan RI-Australia, namun pesawat asing tersebut menghilang dari jangkauan radar.

Perbatasan udara RI dan Australia memang sangat rawan terhadap pelanggaran oleh pesawat dan kapal nelayan asing. Belum lama ini, TNI AU menggelar operasi udara untuk mengawasi pulau terluar dan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI). Gelar operasi dimulai 5 Mei dan berakhir pada Jumat (15/5) pekan lalu.

Menurut Joko, selama operasi berlangsung tidak terlihat kapal asing beroperasi di ALKI dalam wilayah RI. Hanya kapal berbendera Indonesia yang terlihat melintas. Operasi udara tersebut melibatkan empat pesawat tempur Tiger F5 dengan 150 personel Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dipimpin Letkol Pnb Ronny Moningka.

Wilayah selatan Pulau Rote sangat rawan terhadap pelanggaran, antara lain beberapa kali menjadi jalur penyeberangan imigran gelap asal Vietnam dan Afghanistan. Pasalnya, jarak Pulau Rote ke perbatasan laut RI-Australia tidak kurang dari 90 mil.

Sumber: Media Indonesia

Advertisements
 
4 Comments

Posted by on May 20, 2009 in TNI AU

 

Tags: , ,

4 responses to “Pesawat Tempur Asing Beroperasi di Selatan Pulau Rote

  1. tri

    February 24, 2010 at 9:26 am

    visual identification dapat dilakukan dari jarak jauh.teknologi penginderaan jarak jauh milik indonesia sdh cukup baik.setelah tertangkap radar ada teleskop bumi yg mampu melakukan visual tracking berkelanjutan.kalau hrs terus mengandalkan mata pilot untuk melihat keburu pergi.bayangkana pesawat penyusup bisa dikontak melalui radio kemudian operator bicara” to aircraft bearing 070 altitude 3000 speed 200 type (misal f 16) f-16 registration number (misal ts 1660 krn saya ingatnya mig yg beregistrasi 2160)call sign ( semisal maverick kayak film top gun itu )apalagi disebut nama pilot semisal Kapt.Syaugi apa nggak kaget bukan kepalang padahal pilot asing tengok kanan kiri 1000 x nggak ada pesawat indonesia disekitarnya.pake dukun mana canggih banget.semoga khayalan ini bisa terwujud.amin.maaf bahasanya kacau nggak bener bawa2 nama salah satu pilot tempur indonesia lagi.sekali lagi maaf

     
  2. Ank

    October 4, 2010 at 2:25 am

    Sudah diketahui dari mana atau belum maka kevendrungan bisa dipakai sebagai stratgi untuk membuat negara lain hati….
    Kalau memang kecendrungan malausia yang melanggar , klaim aja bahwa itu pesawat malaysia….(toh mereka akan tanggapi juga)
    Biar mereka sadar dan tahu diri bahkan hati-hati berbuat…..
    Pukul dulu……,baru minta maaf…..
    Ini Strategi dan lebih baik dari pada kita diam aja…..

     
  3. Tatung

    October 6, 2010 at 6:17 pm

    Comment 2 Try,
    teleskop bumi tak mungkin bisa diperbantukan untuk urusan ini mengingat jarak dan ketinggian pesawat luar tsb. Teleskop itu memiliki sudut pandang yang sangat sempit, jadi pengarahannya sangat sulit. belum lagi jika tertutup kabut/awan tebal, sinar matahari atau hujan lebat.

    commnet 2 Ank, dipulau Roti, ada perlu apa Malay di sana? ya paling pesawat luar tsb paling milik RAAF.

     
  4. tri

    October 7, 2010 at 9:27 am

    recoment to tatung.teleskop bumi mmg punya keterbatasan.saya punya mimpi diatas maospati madiun ada platform terbang tinggi dengan kamera yg lgs diteruskan ke control dibawah.semacam balon udara yg mampu terbang hingga 1 tahun penuh dan ada 2 utk spare.bila tidak cukup penempatan micro sat dengan sensor video biasa, sensor infra red yang kemudian dijadikan gambar bergerak yg real time yg ditempatkan di orbit rendah dengan durasi lintasan yg 1 menitnya beberapa kali yg bila dibandingkan dengan satelit orbit tinggi yg lewat sehari sekali bisa sangat membantu.harus ada sistem visual yg bisa untuk melihat dari jarak jauh.diamerika sdh ada sistem kamera yg mampu menembus baju tp itu bukan kamera yg bisa melihat tembus tapi software khusus yg mengartikan pancaran radiasi sinar dengan frekuensi tertentu menjadi gambar yg kemungkinan mirip dengan aslinya.FLIR ato LANTIRN yg cukup kuat ditempatkan diatas wilayah udara yg bisa dijangkau pesawat tempur kita jg mungkin.kalo tdk ada bisa jg platform terbang tinggi tadi dipasang cermin pantul yg berotasi saja sedangkan control dibawah yg menembakkan sinar laser dan menerima pantul baliknya.platform ini jg bisa dimuati perangkat BTS cellular yg diterbangkan diatas daerah bencana untuk memback up kerusakan BTS yg ada dipermukaan bumi.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: