RSS

TNI AU Masih Kekurangan Radar

20 May

Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Pertama Wasito menyatakan, TNI AU masih kekurangan radar militer. Dari kebutuhan 32 radar militer, baru 17 Radio Detection and Ranging (Radar) Militer yang dipasang diberbagai daerah untuk memantau yuridiksi Indonesia.

“Kemampuan radar TNI AU belum sepenuhnya mendukung tugas TNI, karena keterbatasan radar,” kata Wasito dalam Seminar Radar Nasional III di Hotel Savoy Homan Bandung, Kamis, (30/4).

Wasito berharap, kebutuhan radar militer ini bisa diselesaikan. Kondisi pertahanan udara terutama Radar belum menenuhi kebutuhan minimum essential force TNI.”Pengadaanya tergantung dari anggaran yang diberikan pemerintah yang pengadaanya akan dilakukan secara bertahap karena harganya yang mahal, TNI hanya sebagai pemakai,”ungkapnya.

Wasito menyatakan, untuk menunjang kemampuan Radar Militer, TNI AU mengintegrasikan Radar Sipil untuk memperoleh informasi kondisi udara wilayah Indonesia. Namun, beberapa Radar Sipil seperti di Banda Aceh dan Papua belum terintegrasi dengan baik.”Ini yang terus diupayakan, tapi untuk terintegrasipun sangat sulit mengingat sistim sarana komado, kendali, komunikasi komputerisasi dan intelegen belum seluruhnya berbasik komputer dan terintegrasi dengan baik,”akunya.

TNI AU menargetkan sampai tahun 2014 jumlah Radar Militer yang dimiliki mencapai 24 Radar dimana pada tahun 2011 direncanakan bertambah tiga satuan Radar Militer baru. TNI saat ini memiliki beberapa tipe Radar berjenis Thomson TRS 2230, Plessey AWS 2, Plessey AR 325, Pleessey AR 15 dan Thales Master T. Selain itu sedikitnya da 14 Radar Sipil dan puluhan Radar milik Badan Meteorologi dan Geofisika.

Beberapa Radar Militer yang dimiliki TNI AU sendiri usianya sudah relatif tua dengan tahun produksi 1960. Daya jangkaunya sudah tidak maksimal, dengan jarak jangkau yang hanya 100 hingga 120 nutical miles atau sekitar 120 kilometr. Padahal, jarak jangkau Radar yang baik mencapai 470 Kilometer.

Sumber: Tempo Interaktif

 
Leave a comment

Posted by on May 20, 2009 in TNI AU

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: