RSS

Anggaran Pertahanan Tahun Depan Mau Naik Jadi Rp700 Miliar

06 Jun

Anggaran perawatan alat utama sistem pertahanan (alutista) naik Rp100 miliar. Departemen Pertahanan masih berkonsentrasi pada peremajaan alat pertahanan.

Anggaran perawatan alutista naik Rp100 miliar tahun depan. Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono menyatakan, pada tahun ini, anggaran alutista hanya mencapai Rp600 miliar. “Tahun depan, kami naikkan menjadi Rp700 miliar,” jelasnya.

Ia menyatakan, dirinya akan bertemu dengan Menteri Keuangan untuk membicarakan perkiraan kenaikan pada Selasa depan. Anggaran ini mencakup pemeliharaan dan perawatan alutista. “Pertemuan dengan Menteri Keuangan untuk membicarakan perkiraan anggaran yang memadai,” ungkapnya.

Diakuinya, kenaikan anggaran tersebut tidak untuk membeli peralatan baru. “Fokus pertemuan nanti mengenai anggaran pemeliharaan dan perawatan,” ujarnya.

Anggaran itu mencakup perawatan untuk sembilan pesawat Hercules tipe B C130. Ini tipe yang sama dengan yang jatuh di Magetan beberapa waktu lalu.

Jenis pesawat tersebut masih mungkin untuk diremajakan. Menurutnya, pesawat ini memiliki populasi yang banyak dan suku cadangnya masih bisa didapatkan. “Dibandingkan dengan tipe Buffallo, tipe ini masih jauh memadai untuk diremajakan,” jelasnya.

Saat ini, dirinya tengah meremajakan dua pesawat Hercules di Singapura. Rencananya, empat Hercules akan turut diremajakan pada tahun depan.

“Kami juga akan mengirimkan bintara teknisi untuk belajar di sana. Nanti, ilmunya bisa ditularkan di Bandung dan Malang,” jelasnya.

Sumber: Media Indonesia

 
Leave a comment

Posted by on June 6, 2009 in Dephan RI

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: