RSS

Ekonomi Membaik, Anggaran Pertahanan Meningkat

06 Jun

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan anggaran pertahanan yang selama ini disebut banyak pihak masih minim dibandingkan kebutuhan, dapat ditingkatkan bila kondisi ekonomi membaik.

Berbicara saat meninjau kompleks perumahan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Senin (25/5) pagi, Kepala Negara mengatakan seiring dengan penanganan dampak krisis keuangan global di Indonesia yang semakin baik, anggaran pertahanan diharapkan dapat ditingkatkan.

“Bicara anggaran pertahanan, memang kalau kita menggunakan pendekatan yang ideal jauh dari memadai, karena itu kebijakan yang kita ambil, kebijakan pemerintah tentunya sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Insya Allah setelah krisis kita lewati tahun ini dan tahun depan anggaran kita bisa kita tingkatkan siapapun presidennya nanti,” kata Presiden Yudhoyono.

Presiden menjelaskan, pemerintah mengharapkan anggaran dapat mendekati angka yang disebut dengan “minimum essential fund” untuk bisa membiayai minimun essential forces.

“Biaya yang ada saya minta untuk digunakan sebaik-baiknya, apakah itu biaya operasional, pendidikan dan latihan, pemeliharaan, kesejahteraan prajurit dan secara bertahap biaya pengadaan atau modernisasi alutsista,” katanya.

Dijelaskan Presiden, meski Departemen Pertahanan dari sisi anggaran menduduki peringkat ketiga dari jumlah alokasi sebesar Rp33,6 triliun, namun untuk keperluan pertahanan diperlukan anggaran yang lebih besar.

“Sepertnya besar namun sesungguhnya kalau kita ingin membangun tentara yang bisa mempertahankan negara dengan menjalankan tugas-tugas pertahanan diperlukan lebih banyak lagi. Kita bekerja keras untuk melampaui krisis ini, tahun ini, insya allah kita bisa,” tegas Presiden.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono usai mendampingi Presiden mengatakan yang dilakukan pihaknya saat ini adalah efisiensi dalam penggunaan anggaran termasuk anggaran pemeliharaan.

Anggaran pemeliharaan ini diutamakan pada masalah keamanan teknis di setiap angkatan supaya anggaran pemeliharaan itu tidak di bawah normal index yang tinggi agar ada jaminan keselamatan bagi prajurit yang menggunakan alutsista.

“Mengenai penambahan kita akan coba upayakan sebatas kemampuan APBN agar ada peningkatan anggaran pemeliharaan alutsista dari yang sekarang sekitar Rp600 miliar kita coba tingkatkan kembali ke tingkat seperti pada tahun 2008 yaitu Rp700 miliar untuk semua satuan di semua angkatan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini anggaran pemeliharaan hanya sekitar Rp600 miliar untuk semua satuan di semua angkatan dan akan dicoba untuk ditingkatkan menjadi Rp700 miliar seperti tahun 2008 lalu. “Kalau bisa, kata presiden tadi, tahun depan kita tingkatkan jadi Rp1 triliun,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang permintaan DPR untuk pembelian alutsista yang baru, Menhan mengatakan, pihaknya menghargai harapan DPR, tapi sesuai dengan kondisi sekarang semua pihak diminta realistis dengan APBN yang terbatas.

“Bahwa dalam APBN terbatas kita tunda dulu setiap pembelian dan pengadaan alutsista baru,” katanya.

Sumber: Media Indonesia

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on June 6, 2009 in Presiden RI

 

Tags:

One response to “Ekonomi Membaik, Anggaran Pertahanan Meningkat

  1. Soetrisno, ME

    June 8, 2009 at 2:50 pm

    Masalah BLOK AMBALAT
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Rakyat Indonesia mendukung keutuhan NKRI yang harga mati. Sudah lama Malaysia cari gara-gara dengan RI, maka tidak ada kata lain, kita siap mempertahankan wilayah kita dengan perang.
    Tapi, segenap rakyat ragu, apakah persenjataan kita memadai?
    Untuk itu cadangan divisa kita yang sekitar $60M supaya dibelanjakan separonya untuk persenjataan yang dapat diterima dalam satu dua bulan ini, antara lain, pesawat tempur 2 squadron, kapal perang (fregat dsb), peluru kendali, tank, radar dll. Entah gimana caranya.
    Pak SBY harus maju terus, pantang mundur, segenap rakyat dibelakangmu.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Soetrisno, ME

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: