RSS

Membangun TNI yang kuat

16 Aug

Bertepatan dengan acara Sail Bunaken 2009, sebuah acara televisi swasta menayangkan sebuah program tentang bagaimana Indonesia memandang dirinya sendiri sebagai sebuah negara kelautan. Salah satu pihak yang diwawancarai (mantan KSAL) menyatakan bahwa diperlukan angkatan laut yang kuat untuk mempertahankan wilayah Indonesia yang 2/3 luas wilayahnya adalah lautan. Tetapi apakah kita hanya perlu membangun angkatan yang laut yang kuat??? Apakah angkatan yang lain tidak perlu diperhatikan??

Bagaimana kondisi riil dari TNI sekarang??
Pertama kita akan membahas dari TNI Angkatan Laut Berapa banyakkah Kapal perang kita bila dibandingkan dengan luas wilayah lautan kita?? Apakah teknologi yang digunakan sudah seimbang dengan negara-negara dikawasan asia tenggara?? Apakah penambahan 4 kapal Sigma class dan 4 LPD dalam waktu dekat sudah mampu dikatakan bahwa TNI sudah melakukan modernisasi?? Modernisasi TNI AL hanya bisa dilakukan dengan melakukan penambahan kapal atas permukaan maupun bawah permukaan dan modernisasi rudal yang mampu dibawa oleh kapal-kapal itu.

Sekarang kita akan membahas TNI Angkatan Udara, setelah periode 1960an, keadaan TNI AU tidak pernah bertambah baik. Bahkan karena keterbatasan kesiapan alutsista, TNI AU hanya bisa menyiapkan kekuatan minimum dan lebih ditujukan kepada pesawat transport karena pesawat ini memiliki multifungsi. Apakah TNI AU perlu melalukan modernisasi?? Apakah anda ingat berapa usia dari pesawat Hercules kita?? Ya anda benar, TNI AU sudah diperkuat oleh Hercules sebagai hadiah karena mantan Presiden Soekarno membebaskan Allan Pope yang pesawatnya ditembak jatuh oleh Ignatius Dewanto. Penambahan 4 sukhoi pada waktu pemerintahan Presiden Megawati dan 6 pesawat sukhoi yang 3 unitnya telah datang serta penambahan secara tambal sulam beberapa unit pesawat transport sudah bisa dikatakan TNI AU telah mengalami modernisasi?? Anda pasti tahu jawabannya, bahwa TNI AU sangat memerlukan penambahan armada lebih dari yang mereka dapatkan selama beberapa tahun terakir..

Bagaimana dengan TNI Angkatan Darat? Terlepas dari angkatan ini sempat membuat cemburu kedua angkatan yang lain. Mereka saat ini juga menghadapi masalah yang sama dengan menuanya alutsista, walaupun mereka mendapatkan panser terbaru buatan Pindad, tetapi panser tetap tidak bisa menggantikan posisi tank. Kemudian beberapa wilayah strategis yang dimiliki oleh TNI, hanya dijaga oleh senapan S-60 untuk menjaga dari serangan udara (untuk yang satu ini saya benar-benar menghela napas).

Memperkuat TNI hanya bisa dilakukan dengan melakukan modernisasi alutsistanya.
Tapiii….
Seperti saya pernah tulis sebelumnya, didalam pemerintahan kita mengenal adanya sebuah peribahasa butter vs bullet, yaitu sebuah pilihan bagi pemerintah untuk menentukan mana yang lebih prioritas. Dalam konteks Indonesia apakah pemerintah lebih memilih untuk membangun kekuatan angkatan perangnya atau memberi subsidi untuk rakyatnya, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya.

Pada intinya kembali kepada pemerintahan yang sedang dan akan berkuasa selama 5 tahun kedepan, apakah mereka mau membangun TNI lebih kuat? Karena membangun TNI yang kuat semuanya kembali kepada pendanaan yang diberikan oleh pemerintah. Banyak yang bertanya, Presiden kita dari TNI, tapi kok engga berpikir untuk memodernisasi alutsista TNI ya?? Semoga lima taun kedepan pemerintah lebih peduli kepada TNI, karena dibeberapa negara lain sudah muncul sebuah pemikiran bahwa bullet dan butter bisa berjalan beriringan. Jangan sampai ketika perang terjadi, kita baru menyesal tidak mempersenjatai TNI dari dulu…

 
2 Comments

Posted by on August 16, 2009 in Catatan Pribadi, TNI

 

Tags:

2 responses to “Membangun TNI yang kuat

  1. Reza

    October 22, 2009 at 2:56 pm

    Mas, saya ingin mencantumkan artikel ini di website saya untuk keperluan ujian SMA. Apakah boleh? Terimakasih.

     
  2. adiewicaksono

    October 22, 2009 at 3:45 pm

    silahkan, tapi mohon untuk mencantumkan link aslinya… terimakasih kembali..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: