RSS

Antara Anggaran dan Pertahanan…

22 Oct

Ketika tahun lalu banyak terjadi kecelakaan dan banyak orang menyatakan lemahnya pertahanan Indonesia dikarenakan alutsista TNI yang sudah menua maka semua orang akan menyalahkan anggaran TNI yang hanya sedikit. Tetapi ingatkah anda pada tahun 1963, sekelompok mahasiswa UGM telah meluncurkan roket dengan hanya dana yang terbatas?? Mereka melakukan itu karena terlecut oleh ucapan Bung Karno, sebagai bangsa kita tidak boleh bermental tempe (saya lupa bunyi ucapan aslinya)..

Jadi apakah anggaran menjadi pangkal semua masalah melemahnya pertahanan Indonesia? Jelas, ketika tidak ada uang maka negara ini tidak mampu membeli alutsista apapun.. tetapi apa yang ditunjukkan oleh mahasiswa dari UGM yang meluncurkan roket menunjukkan jika anda punya niat maka apapun akan dapat dilakukan.. Sehingga saya cenderung memilih bahwa selama ada niat dari pemerintah untuk membangun TNI maka tanpa anggaran yang besar pun, situasi TNI tidak akan seperti hari ini yang anda lihat..

Saya pernah mengulas tentang sebuah teori yaitu butter vs bullet, dan 5 tahun yang lalu Pemerintah cenderung bergeser kearah butter dan melupakan bullet (dan baru tersadar ketika banyak pesawat TNI AU jauh) sementara Negara-negara disekitar Indonesia telah mencoba untuk menyelaraskan antara butter dan bullet secara bersamaan.. Sehingga kita mau tidak mau harus memulai dari sekarang untuk membangun pertahanan Indonesia yang kokoh..

Pernah terdengar kabar, bahwa negara-negara lain meminta secara halus kepada Indonesia untuk mengerem pembelanjaan alutsista karena dikhawatirkan akan terjadi arms race dikawasan asia tenggara (hal tersebut terdengar saat Indonesia akan melakukan pembelian sub Kilo dari Rusia, yang kemudian hingga saat ini rencana pembelian tersebut tertunda-tunda.. Bagi saya, untuk apa pemerintah memperhatikan hal tersebut.. tanpa Indonesia membeli alutsista terbaru pun, Singapura telah melakukan pembelian F-15 dan Malaysia telah melakukan pembelian 2 sub scorpene, Apakah mereka peduli saat TNI mengalami kelumpuhan saat diembargo periode tahun 90an (kecuali Singapura yang menjadi pasar gelap suku cadang pesawat TNI AU), yang kemudian berbuntut lepasnya Tim-Tim dengan sangat mudahnya.. Lemah atau kokohnya TNI maka Indonesia lah yang menikmati, kitalah yang menikmati untungnya bukan orang lain…

Maka pertanyaan mendasar saya, apakah Presiden SBY memiliki niat dalam 5 tahun kedepan akan membangun alutsista TNI.. Karena anggaran Pemerintahlah yang membuat…

Right or wrong Mr SBY is our President, But i will more proud of you if you can make our TNI more stronger than before…

 
Leave a comment

Posted by on October 22, 2009 in Catatan Pribadi, Presiden RI

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: